Kamis, 21 Mei 2009

Mengenal Lebih Dekat Ponpes AL ITTIFAQIAH Indralaya Ogan Ilir


Indralaya, Agung Post
Pondok Pesantren al Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir (OI) adalah Pesantren Unggulan yang saat ini telah mencapai prestasi Nasional bahkan Internasional. Kenapa demikian, karena hingga saat ini telah banyak alumni dan santri memperoleh beasiswa dari Universitas terkenal dunia, diantaranya Universitas Al-Azhar Mesir, Universitas Islam Internasional Sudan, Universitas Al Ahqop Yaman dan lainnya.
Cikal bakal Ponpes al Ittifaqiah ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Islamiah Siyasiyah Alamiyah Sakatiga tahun 1918-1942, SMI Sakatiga 1950-1962 dan MMA Sakatiga 1962-1967, kemudian pada Juli 1967 Madrasah ini dipindak ke Indralaya yang sekarang merupakan Ibukota Kabupaten Ogan Ilir pemekaran Kabupaten OKI berubah menjadi Pondok Pesantren.
Ponpes Al Ittifaqiah saat ini dipimpin oleh Drs KH Mudrik Qori MA putra bungsu almarhum KH Ahmad Qori Nuri dengan tenaga pengasuh sebanyak 177 orang dan santri sebanyak 1700 orang yang berasal dari berbagai daerah Kabupaten dan Propinsi di Indonesia.
Ustaz Muhyidin Sumedi SPdi MA saat menerima kunjungan "Agung Post" di Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya OI ditengah-tengah kesibukannya menjelaskan seputar Ponpes Al Ittifaqiah sebagaimana yang dirangkum dalam sebuah brosur dikemas sedemikan lengkap sehingga tergambar betapa komplitnya sarana dan prasarana pendidikan di Ponpes Al Ittigaqiah ini.
Berikut ini ranggkuman tentang Ponpes Al Ittifaqiah Indralaya Ogan Ilir.Program Pendidikan Kurikuler meliputi, Taman Kanak-Kanak Islam (TK), Madrasah Diniyah, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dengan jurusan MAK, Bahasa, IPS dan MIPA, Diniah Salafiah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Qur'an
(STITQI) progran S1 Tarbiyah, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA).
Program pendidikan Kokurikuler dan Ekstra Kurikuler meliputi, menghafal Al Qur'an, kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris, seni baca Al Qur'an, pelatihan pidato dalam tiga bahasa, pelatihan do'a dan zikir, yasin, tahlil, marhaban dan berzanji. Dan tak etinggalan juga kursus kewirausaan, Koperesi dan pembukuan, penulisan karya ilmiah dan jurnalistik, penyiaran, kewanitaan, kepemimpinan dan idiologi-idiologi dunia, keterampilan menjahit, menyulam, handycraf, batako, otomotif, elektronik dan sablon.
Keterampilan pramuka dan praktis forum, seni nasyid, qosidah, kaligrafi, letter, drumband, teater dan lain-lain. Bidang olah raga yaitu Pencak Silat dan olah raga umum lainnya.
Forum diskusi, kelompok studi, studi komparansi, safari dakwah dan program diniyah (halaqoh) untk mahasiswa dan umum. Program Pendidikan Takhasus. Lembaga Tahfiiz Tilawah dan Ilmu al Qur'an (LEMTATIQ), program menghafal al qur'an tingkat 5,10,20 dan 30 juz, seni baca al Qur'an, Qiroat Sab'ah dan pendalaman tafsir. Kemudian Taman Kanak-kanak/Taman Pendidikan al Qur'an (TK/TPQ), Kursus Intensif Komputer, Bahasa Arab, Inggris dan Perancis, MIPA, Nahwu Shorof, Fiqih dan Bahsul Masali, bimbingan belajar Ujian Nasional dan lain-lain.
Adapun mengenai Kurikulum terdiri dari; Kurikulum Pondok berijazah Pondok, Kurikulum Negeri berijazah Negeri Kurikulum dan metode pengajaran berstandard internasional dan untuk tingkat ibtidaiyah,tsanawiyah serta aliyah diajarklan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau pengajaran Komputer. Menyangkut tenaga pendidik, Ponpes Al Ittifaqiyah mempunyai tenaga-tenaga pendidik yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya. Mereka adalah alumni Universitas Al Azhar Kairo Mesir,Universitas Islam Internasional Sudan, UIN Jakarta, UIN dan UII Yokyakarta, IAIN Raden Fatah, STITQI KMI Darussalam Gontor, KMI al Amin Prenduan Madura, PP An Nur Yogyakarta, PP Al Ihsan Purwokerto, BEC dan DEC Pare serta PP Al Ittifaqiyah.
Di Ponpes Al Ittifaqiyah berbagai fasilitas pendidikan tersedia lengkap, seperti masjid, musholla, ruang belajar, Asrama, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer, Ruang Belajar Multimedia, Perpustakaan,hingga dapur umum dan mess tamu serta aula kunjungan.Bagi santri berferestasi yang hafal al Qur'an tingkat 10 juz, 20 juz dan 30 juz Ponpes membebaskan uang bulanan dari 40% hingga 100% dan mendapat uang saku. Lebih dari itu alumni Ponpes Al Ittifaqiyah berfrestasi berpeluang memperoleh beasiswa di Perguruan Tinggi dalam maupun luar Negeri, seperti Mesir, Yaman dan
negara Eropa maupun Amerika.Melihat ketatnya persaingan sistem pendidikan sekarang ini, keberadaan Ponpes Al Ittifaqiyah Indralaya OI patut dijadikan salah satu tujuan untuk menimba ilmu, terlebih lagi ilmu untuk kehidupan dunia maupun akhirat.Salah seorang wali murid dari santriwati Merisa Aprillia kelas III Aliyah, Somad Musa asal Palembang yang saat itu tengah mengunjungi anaknya mengatakan, melihat keadaan gonjang ganjing dunia sekarang ini kami memilih untuk menyekolahkan anak-anak kami di Ponpes Islam Al Ittifaqiyan OI yang manfaatnya sangat positif bagi kehidupan dunia dan akhirat.
Demikian juga diungkapkan oleh beberapa santriwati, Rachmadaniah, Zainati Ardilla masing-masing asal Palembang dan Ningsi Syafitri asal Banyuasin, merasa sangat senang telah memilih pendidikan di Ponpes Islam khususnya Ponpes Al Ittifaqiyah Indralaya OI, mereka rata-rata telah hafal Al Qur'an.
Ponpes Al Ittifaqiyah Indralaya OI berada tepat dijantung ibukota Kabupaten OI yang saat ini tengah pesat kemajuan pembangunnya dibawah kepemimpinan Bupati Ir H Mawardi Yahya.(gus).

1 komentar:

  1. kalo biaya pebdaftaran dan perbulannya berapa ?? mohon info nya ^^ syukron katsir

    BalasHapus