Kamis, 21 Mei 2009

Bina Tunas Bangsa Melalui Pramuka

Rambangkuang, Agung Post
Pramuka, merupakan sebuah wadah penghimpun positif dalam membentuk kedisiplinan dan kemandirian di kalangan para pemuda, khususnya para pelajar. Demikian dikatakan Ka Kwaran Kecamatan Rambang-kuang, Gunadi Ama Pd, kepada "Agung Post" di ruang kerjanya usai kegiatan perkemahan di Rambangkuang belum lama ini.
Di samping itu, melalui kegiatan pramuka juga dapat menempa sikap dan mental serta mempererat hubungan sila-turahmi, persaudaraaan dan
kekeluargaan, sesuai dengan landasan Dasa Darma Pramuka. Sehingga dapat menepis jauh kenakalan remaja dan sikap "Lost Komunikation dan Control" yang marak terjadi di dunia pendidikan saat ini, seperti kekerasan/anarki yang dilakukan para pelajar. Hal itu tidak lain disebabkan karena kurang mampunya siswa untuk berkomunikasi dan menyam-paikan pendapat secara positif dam komunikatif.
Menurut Gunadi, para pelajar dari SD, SMP, dan SMU di Kecamatan penuh semangat mengikuti kegiatan ke-pramukaan yang diadakan pihak sekolah. Diakuinya pula, meski pada kenyataannya baru 3 sekolah yang benar-benar merealisasikan berbagai kegiatan kepramukaan, yaitu SMPN 1 Atap Sukananti, SMPN 1 Rambangkuang, dan SMAN 1 Rambangkuang, di karenakan satu kendala. Yaitu, keterbatasan tenaga pelatih/pembina pramuka yang betul-betul memahami di bidangnya di Kecamatan ini, bahkan untuk Pembina Pramuka di Kecamatan ini hanya ada satu orang saja yaitu pembina putra dan sementara ini sekaligus merangkap pembina putri, yaitu Rinaldi. Namun hal itu tidaklah menyurutkan tekad dan semangat para siswa, bahkan belum lama ini ketika Jambore di Tanjungputus lalu, Kwaran
Rambangkuang termasuk kwaran teraktif dan terbaik (putri).Selain itu, Gunadi bertekad untuk lebih memajukan kegiatan ini (pramuka) dengan sekuat tenaga khususnya di Kecamatan Rambangkuang. Bahkan, menyikapi keantusiasan para pelajar.
Sesuai dengan hasil keputusan rapat K3S Rambangkuang belum lama ini, mencapai kata sepakat untuk biaya transportasi/honor tenaga pelatih/pembina pramuka akan diambil dari dana BOS (Biaya Operasional Sekolah), dengan demikian diharapkan dapat menunjang kelancaran program tersebut, untuk tenaga pelatih pramuka di SD dalam lingkup Kecamatan Rambang kuang, pihaknya telah berkordinasi dengan para Penegak (pramuka) di SMUN 1 Rambangkuang, dan alham-dulilah mereka telah menyatakan kesiapan. ''Di samping itu pula melalui PLS, akan diadakaan pembinaan selama 1 hari bertempat di Kecamatan Rambangkuang, bagi 2 orang guru (laki-laki/perempuan) untuk dibina menjadi Pembina pramuka di SD masing-masing, meski pelatihan tersebut akan digelar hanya satu hari saja, namun diharapkan dapat di implementasikan di sekolah masing-masing,'' tegas Gunadi, antusias. Salam Pramuka. (And/Ded)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar