Kamis, 21 Mei 2009

Untuk Menjaga Persatuan Jaga Kelestarian Adat

Lubuk Keliat, Agung Post
Lembaga Adat turut berperan penting dalam menopang gerak laju pembangunan khususnya di Ogan Ilir. Demikian di sampaikan Bupati OI, H Mawardi Yahya, melalui Sekda OI, HM Daud Nurhasyim, Selaku Ketua Umum Lembaga Adat Kabupaten, ketika melantik Pengurus Lembaga Adat, belum lama ini, di Kecamatan Lubuk Keliat.
Dan lanjut H Daud, dalam menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten bahkan di Kecamatan serta desa, Lembaga Adat di tuntut untuk lebih berperan aktif sesuai dengan 10 program/tugas pokok Lembaga Adat. Sebagai suatu bentuk perhatian Pemkab OI, di berikan bantuan alakadarnya, berupa uang sebesar Rp200ribu/bulan kepada masing-masing angota Lembaga Adat. "Memang di lihat dari jumlah nominal di terima itu tidaklah seberapa, namun untuk saat ini sesuai dengan kondisi kas keuangan Pemda, baru sebatas itu. Namun yakinlah di serta ketulusan dan keikhlasan dalam pengabdian, mudah-mudahan hal tersebut menjadi amal ibadah kita, hanya Allah-lah yang mampu memberikan balasan setimpal". Ujar Sekda OI.
Tambahnya pula, adapun kepada para Korpri/PNS di Kecamatan Lubukkeliat, bahwa kalian memikul tanggung jawab besar dalam mengemban tugas membangun OI umumnya dan Kecamatan Lubukkeliat khususnya. Untuk itu hendaknya jangan melalaikan tugas dan jangan loyo, bila anda (PNS) sorang guru/dinas/instansi hendaknya laksanakan tugas dengan tepat waktu dan layanilah pasien dengan baik, untuk anda yang bertugas sebagai Pelayan Kesehatan masyarakat. Ringkasnya, sebagai PNS jangan hanya bisa mempertanyakan hak semata, namun melalaikan tugas dan kewajiban, ingatlah semua itu akan di pinta pertanggung jawabannya di akkhirat kelak. Ujar H Daud, penuh keseriusan.
Tak kalah penting, Pemkab OI, menghimbau bahwa Pemilu Legislatif 2009 sudah di ambang pintu, jadi pada hari H-nya nanti, hendaknya jangan sampai golput/tidak memilih sebab 1 suara mempunyai nilai menentukan, dan juga masyarakat hendaknya dituntut untuk cerdas dalam memilih, artinya pilihlah utusan yang memeng benar-benar membawa kemajuan dan perubahan kearah lebih baik, serta menguntungkan desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, bangsa dan negara.
Pada kesempatan itu juga, Ketua Harian Lembaga Adat Kabupaten OI, Supardi Rapanoi, beserta pengurus, ucapkan selamat atas di lantiknya Lembaga Adat di tiap-tiap Kecamatan yang tersebar di OI, kedepan hendaknya senantiasa menjalin koordinasi yang baik antara Lembaga Adat Kecamatan dengan Kabupaten.
Camat Lubukkeliat, Samrowi, pada kesempatan itu menjelaskan bahwa Kecamatan Lubukkeliat ini terdiri dari 10 desa dan mempunyai 4 macam bahasa di samping adat istiadat yang berbeda-beda pula. Jadi teramat pentinglah peran serta Lembaga Adat khususnya di Tingkat Kecamatan dalam merukunkan dan melestarikan adat istiadat dari berbagai suku adat di Kecamatan ini tanpa menciptakan adat yang baru. Hal senada di ungkapkan Camat Rambangkuang, Aprizal Hasyim, dalam event sama, mengatakan kecamatan Rambangkuang siap dukung apapun program Pemkab OI dalam pembangunan terutama dalam menjaga, dan meles-tarikan adat istiadat yang hampir punah dan di tinggalkan.
Begitu juga Camat Muara Kuang, Rositawati, menga-takan dengan di lantiknya lembaga adat kecamatan, hal tersebut merupakan tero-bosan positif yang membangun kedepan diha-rapkan dapat membantu pemerintah khususnya di kecamatan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat dengan background kultul adat dan budaya yang beraneka ragam.(and)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar