Kamis, 21 Mei 2009

Dirancang Agar Orang Penasaran

PRODUSEN mobil eksklusif Aston Martin sepertinya lagi punya hobi membuat orang penasaran dengan model terbaru mereka. Awalnya mereka menampilkan model tiruan di Paris Motor Show tahun lalu. Setelah itu rumor pun sengaja dihembuskan, mulai harganya yang mencapai 1,2 juta poundsterling, bersasis serat karbon, mesin V12 hingga rincian rencana produksi yang masih samar.
Setelah rasa penasaran sudah membuncah, barulah akhirnya dikabarkan tampilan perdana produk one-77 sesungguhnya yang hadir di acara Concorso d'Eleganza villa d'Este di danau Como, Italia mengambil bagian dari acara penghargaan bergengsi di bidang desain.
Aston Martin model terbaru ini rencananya segera diluncurkan ke tangan konsumen dari pabrik Gaydon akhir tahun ini dan dibuat terbatas sesuai dengan namanya yang hanya 77 unit . Seluruhnya direncanakan baru selesai pada akhir 2010.
Pihak Aston Martin selalu menjaga hubungan dekat dengan para pemesan one-77. Upaya ini dilakukan untuk memastikan one-77 ini tidak jatuh ke tangan pedagang bebas yang memanfaatkan eksklusifitas one-77 untuk meraup keuntungan pribadi. One-77 dibuat dengan struktur bodi berteknologi terkini. Dibuat dengan bahan ringan namun kuat berkat penerapan serat karbon pada bodi monocoque-nya. Diracik sedemikian rupa hingga jadilah sosok Aston Martin buatan Gaydon bekerjasama dengan Multimatic (MTC) perusahaan yang piawai dalam teknologi material komposit.
Keempat suspensinya mengandalkan model double wishbone plus pushrod untuk mengubah gerakan vertikal guna menekan unit pegas dan peredam yang dipasang secara horizontal yang umum diaplikasikan di mobil balap Formula 1.
Sistem peredamannya sendiri dapat diatur mengandalkan teknologi Dynamic Suspension Spool Valve (DSSV) yang baru pertamakali diaplikasikan pada mobil harian. Teknologi ini memiliki katup khusus yang dibuat dengan mesin berpresisi tinggi senhingga karakter peredamannya dapat diubah-ubah tanpa harus melepasnya dari kendaraan.
Dengan teknologi tadi, para teknisi Aston Martin dapat mempersiapkan karakter suspensi one-77 sesuai dengan selera pemiliknya. Sumber tenaganya merupakan evolusi ekstrem dari mesin 6,0 liter V12 yang digunakan pada model DBS, DB9 dan model V12 Vantage baru.
Mesin tadi kemudian dikembangkan menjadi 7,3 liter untuk bisa mendapatkan output mencapai 700hp. Hebatnya lagi, berkat kerjasama dengan teknisi Cosworth untuk menangani penerus daya tercapailah pengurangan bobot 25%.Sebagai penyalur daya ke permukaan aspal one-77 mengandalkan ban Pirelli P-Zero Corsa. Untuk kendali bagian depan menggunakan lebar 255mm sementara bagian belakang bertugas mentransfer tenaga ke aspal yang sebelumnya diolah pada transmisi 6-speed otomatis yang dikontrol secara manual lewat sepasang tuas di belakang roda kemudinya.
Dengan bobot totalnya yang hanya 1.500 kg, 0ne-77 memiliki performa yang menempati podium tertinggi sebagai mobil jalan raya. Kecepatan puncaknya diperkirakan melampaui 321 km/jam dengan kemampuan akselerasi 0-100km/jam hanya dalam hitungan 3,5 detik.
Untuk membendung lajunya, rem-nya menggunakan cakram keramik karbon dengan penyempurnaan kaliper yang dirancang agar panas dari kanvas rem tidak menjalar ke cairan rem/minyak rem.Seperti yang dilakukan oleh Lamborghini dan Ferrari, para pemilik one-77 dapat memilih sendiri material, warna, maupun desain yang akan digunakan pada elemen kendaraan. Bahkan bentuk jok pun dapat dipesan agar sesuai dengan postur pemilik dan penumpangnya. (Cdx)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar