Kamis, 21 Mei 2009

Mobil Mini Jadi Idaman Publik

MINI telah menjadi salah satu bagian kisah sukses BMW sebagai ikon mobil kecil yang digemari. Setelah menghadirkan varian MINI Clubman, kabarnya BMW tengah mempersiapkan varian baru untuk kembali memancing birahi para penggemar kendaraan ini. Sosok elok menggoda itu diberi nama MINI Cooper Convertible Speedster berkapasitas dua penumpang yang sporti.
Tak terlalu sulit bagi BMW untuk mengubah MINI menjadi mobil dua tempat duduk. Mereka bisa menggunakan platform MINI Cooper Cabrio yang sudah ada, dengan menghilangkan tempat duduk belakang dan sentuhan ulang pada bagian buritan. Urusan mesin bisa menggunakan stok yang sudah ada dengan berbagai pilihan untuk melengkapi varian Spe-edster.Bagian depan MINI kini memiliki ciri khas dengan tampilan gril terpisah, namun Speedster akan nampak lebih sporti dibandingkan dengan model MINI yang lain. Ini berarti MINI Speedster akan kelihatan lebih rendah dan lebih lebar serta lebih agresif dibanding saudaranya.MINI Speedster kemungkinan besar akan menggunakan atap kanvas (convertible soft-top) untuk mereduksi bobotnya, namun tak menutup kemungkinan penggunaan atap keras yang dapat dilepas-pasang (removable hard-top).
Sumber tenaganya di-perkirakan bakal meng-gunakan mesin yang sama seperti MINI Cooper lain dengan kapasitas 1,6 liter DOHC 16 Valve VVT bertenaga maksimal 118hp pada 6.000rpm dan torsi maksimal 155Nm pada 4.250rpm, termasuk mesin turbo 1,6 liter bertenaga 179hp yang digunakan pada varian MINI Cooper S. Meski mesinnya sama, bisa dipastikan MINI Speedster akan lebih gesit berkat bobotnya yang lebih ringan.
Sampai saat ini belum ada kabar dari pihak BMW mengenai kepastian tanggal peluncurannya. Tapi beredar gosip kalau MINI Cooper Convertible Speedster mulai diproduksi tahun 2011. (Cdx)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar