Kamis, 21 Mei 2009

Membaca Kunci Keberhasilan Pendidikan

Inderalaya, Agung Post
Berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional disebutkan, pendidikan diselenggarakan dengan mengembangkan budaya baca, menulis, dan berhitung bagi segenap warga masyarakat. Hal ini jelas bahwa membaca merupakan salah satu kunci keberhasilan bagi pendidikan nasional. Demikian dikatakan, Bupati Ogan Ilir (OI) yang diwakilli Kepala Pendidikan Nasional (Diknas), Herman SH, saat pembukaan kegiatan pengembangan minat dan kebiasaan, di RM Ratu Minang Inderalaya, belum lama ini.
Perpustakaan mempunyai Lanjutnya mengutarakan, kegiatan utama mengumpulkan semua sumber informasi dalam berbagai bentuk tertulis, terekam, atau dalam bentuk lainya dan bertujuan secara tidak langsung menciptakan masyarakat yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca dan berwawasan luas. Mengingat perpustakan mempunyai peran yang sangat penting. "Marilah kita bersama mendukung setiap kegiatan perpustakaan, serta memanfaatkan setiap fasilitas dan layanan yang ada di perpustakaan secara baik," kata Herman sembari mengajak masyarakat untuk memberdayakan perpustakan guna meningkatkan minat baca.
Masih menurutnya, untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca adalah kemauan dan kemampuan membaca, diketahui sejak zaman Rasul dimana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama yaitu Iqro yang artinya baca. Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi OI, Hj Laila MS SH mengungkapkan, kegiatan pegembangan minat dan kebiasaan membaca bertujuan, untuk memotivasi masyarakat untuk membaca bagi seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan yang berlangsung satu hari tersebut, diikuti 40 orang peserta dari utusan dinas, badan ,kantor Pemda OI, sekolah-sekolah dan desa-desa.(icl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar