Kamis, 21 Mei 2009

Muaraenim Cetak Sawah Baru

Muaraenim, Agung Post
Pemkab Muaraenim secara bertahap terus melakukan upaya membuat percetakan sawah baru. Hal tersebut dilakukan adalah untuk meningkatkan produksi padi dan menjadikan Muaraenim sebagai lumbung pangan di Sumsel, Sabtu (4/4).
Menurut Asisten Pembangunan dan SDA Ir H A Nadjib MM yang didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Ir Said Ali, program tersebut sebenarnya sudah dilakukan Pemkab Muaraenim, namun baru dalam beberapa tahun terakhir benar-benar diprioritaskan dengan didukung oleh personil yang handal dan fasilitas yang lengkap. Hampir disetiap kecamatan kita bentuk Cabdin Pertanian yang mengawasi kinerja tenaga penyuluhan di desa-desa. Dan untuk mendukung kinerja tenaga penyuluh mereka diberikan kendaraan operasional. Sedangkan untuk para petani diberikan bantuan bibit unggul bersertifikat dan subsidi pupuk dari PT Pusri dan PT Petrokimia Gresik.
Baru-baru ini, kita terus mengupayakan terealisasinya percetakan sawah baru di Talang Pangeran, Pagar Dewa. Memang kemarin kita masih terkendala masalah irigasi. Tetapi jika selesai, maka sedikitnya bisa 1000 hektar sawah baru bisa dialiri, ujar Nadjib.
Saat ini, peningkatan produksi padi tahun 2008 mencapai 20,32 persen. Peningkatan tersebut sangat signifikan bila dibadingkan dengan tahun sebelumnya hanya sebesar 5,26 persen. Begitupun dengan produksi Gabah Kering Giling (GKG) tahun 2007 hanya sebesar 150.617 ton GKG, pada tahun 2008 meningkat tajam menjadi 181.219 ton GKG. Produktivitas tahun 2007 hanya 3,74 ton meningkat menjadi 3,79 ton tahun 2008, sehingga total keselruhan adanya peningkatan sebesar 20,32 persen. Sedangkan untuk luas panen tahun 2007 yang sebelumnya hanya seluas 40.272 hektar meningkat menjadi 47.815 hektar pada tahun 2008. Peningkatan ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak terkait terutama Dinas Pertanian dan B4K Muarenim serta tersedianya pupuk bersubsidi dari PT Pusri dan Petrokimia Gresik. Insyaallah jika tidak berhalangan pada bulan Mei 2009, delapan Kepala daerah di Sumsel akan menerima Penghargaan Pening-katan Produksi Beras Nasional (P2BN) dari pemerintah karena telah berhasil meningkatkan produksi beras diatas 5 persen, dan salah satunya Muara enim,terang Nadjib.(Sin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar