Kamis, 21 Mei 2009

Pemda OI Peringati Hari Linmas dan Otonomi

Inderalaya, Agung Post
Belum lama ini, Pemda Ogan Ilir (OI) memperingati hari Perlindunngan Masyarakat (linmas) ke-47 yang dirangkum dengan hari Otonomi kedua. Bertindak sebagai Pembina upacara Bupati OI, H Mawardi Yahya sedangkan untuk pemimin upacara, M Thamrin Effendi SH yang juga sebagai kepala UPTB PBK OI.
Upacara yang berlangsung hikmad yang dilaksanakan di Halaman Pemda OI ini, diikuti kepala dinas/badan dan unsur muspida OI. Bupati OI, H Mawardi Yahya, dalam sambutan mengungkapkan, kepada jajaran anggota satuan Linmas OI diharapkan dengan bertambahnya usia, bertambah pula tingkat kedewasaan dan kualitas serta kuantitas dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.
lebih lanjut Ia mengatakan, Linmas yang semula dikenal sebagai salah satu fungsi Pertahan Sipil (Hansip) didalam perjalanannya, berubah menjadi Linmas sebagai suatu lembaga dengan pembina berjenjang, menteri dalam negeri sebagai pembina umum, gubernur, bupati/walikota sebagai pembina teknis operasional satuan pelaksana kecamatan, desa dan kelurhan.
Salah satu tugas penting Satuan Linmas adalah ikut melakukan segala usaha dan kegiatan melindungi dan menyelamatkan masyarakat terhada bencana,sehingga membatasi/memperkecil jatuhnya korban serta mengurangi penderitaan masyarakat, mengingat bencana baik alam maupun bencana akibat ulah manusia dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda serta kerusakan alam dan ling-kungan.
Masih menurutnya,dalam mangantisipasi dan menang-gulangi kemungkinan terjadinya bencana, para anggota Satuan Linmas di Desa/Kelurahan baik secara perorang maupun secara satuan perlu dibekali pengetahuan dan kemampuan kewaspadaan dini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewaspadaan Dini Masyarakat di Daerah,agar anggota Satuan Linmas mempunyai kepekaan,kesia-gaan dan antisipasi dalam menghadapi segala potensi dan indikasi timbulnya bencana.(uj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar